Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Contoh Soal Pretest PPG Tahun 2018 Dengan Kunci Jawaban

Contoh Soal Pretest PPG Tahun 2018 Dengan Kunci Jawaban-Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan Contoh Soal Pretest PGG Tahun 2018 Dengan Kunci Jawaban pada postingan kali ini, rekan-rekan bisa secara gratis download Contoh Soal Pretest PGG Tahun 2018 Dengan Kunci Jawaban pada link yang sudah kami sediakan.


Dalam rangka pelaksanaan sertifikasi bagi guru jabatan melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan, Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuka pendaftaran calon peserta PPG Dalam Jabatan (PPGJ) untuk pelaksanaan tahun 2018-2022 . Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nonor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.


Pada Tahun Ini Pendataan Calon PPG tahun 2018 (Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan/ PPGJ) sudah pada proses penetapan Lokasi dan Pretest yang dapat di pantau pada Aplikasi Aplikasi SIM PKB. 


Pada Pretest PPG tahun 2018 ini merupakan persyratan akademik pelaksanaan PPG atau peserta calon PPG yang mengajukan pendaftaran atau ajuan pendaftaran ppg 2018 sudah disetujui oleh LPMP harus mengikuti seleksi akademik / pretest PPG dengan online ditempat Uji Kompetensi yang telah di tetapkan oleh LPMP.
Contoh Soal Pretest PGG Tahun 2018 Dengan Kunci Jawaban
Sehubungan dengan Hal tersebut dengan hormat kami sampaikan informaai terkait dengan peraiapan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Sebagai berikut :

  1. Calon Peserta PPG Dalam Jabatan adalah guru yang diangkat sampai dengan tanggal 31 Desember 2015 dan sudah tercatat dalam Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) per tanggal 31 Juli 2017 
  2. Calon Peserta wajib memenuhi persyaratan akademik danadministrasi, Persyaratan akademik yaitu memiliki nilai minimum yang diperoleh dari tes kemampuan akademik (pretest).
  3. Calon peserta wajib melakukan pendaftaran melalui situs http:simpkb.id dengan mengisi prigram studi PPG yang dipilih dengan ijazah S-1 / D-IV .
  4. Verifikasi dan validasi akan dilakukan untuk melihat kesesuaian antara program studi PPG yang dipilih dengan Ijazah S-1 /D-IV yang dimiliki.
  5. Calon peserta yang di nyatakan lolos verifikasi dan validasi Ijazah S-1/D-IV akan mengikuti pretest di tempat ujian kompetensi (TUK) yang  akan di tetapkan.
  6. Persyaratan, tata cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, jadwal pretes calon peserta PPG Dalam Jabatan, dan daftar lineiritas sebagaimana terlampir.
Jadwal
  1. Pendaftaran calon peserta Pretest PPG Dalam Jabatan oleh Guru 17 Februari – 2 Maret 2018
  2. Verifikasi dan validasi linieritas antara bidang studi PPG dengan ijazah S-1/D-IV oleh LPMP 19 Februari – 5 Maret 2018
  3. Penetapan TUK oleh LPMP 19 – 21 Februari 2018
  4. Penempatan (Plotting) TUK calon peserta Pretest PPG Dalam Jabatan oleh LPMP 6 – 10 Maret 2018
  5. Cetak kartu calon peserta Pretest PPG Dalam Jabatan oleh Guru 12 - 14 Maret 2018
  6. Pelaksanaan Pretest PPG Dalam Jabatan di TUK oleh Ditjen GTK 20 - 31 Maret 2018

Calon peserta PPG Dalam Jabatan harus mengikuti seleksi kemampuan akademik melalui tes online. Seleksi kemampuan akademik meliputi tes potensi akademik (TPA), tes pedagogik, tes bidang studi, dan tes bakat dan minat. Standar minimal nilai hasil seleksi kemampuan akademik calon peserta ditetapkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, untuk tahun 2018 ditetapkan batas lulus pretest adalah 50 untuk program studi kejuruan dan 60 untuk program studi non kejuruan.

Persyaratan administrasi , Calon peserta wajib memenuhi persyaratan administrasi sebagai berikut.

  • Diangkat sebagai guru sampai dengan 31 Desember 2015.
  • Terdaftar pada Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan per tanggal 31 Juli 2017.
  • Memiliki NUPTK (dapat dipenuhi setelah lulus pretest).
  • Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari perguruan tinggi yang memiliki program studi yang terakreditasi, dibuktikan dengan scan ijazah S-1/ D-IV.
  • Berkualifikasi akademik S-1/D-IV yang sesuai dengan program studi pada PPG yang akan diikuti.
  • Masih aktif mengajar dibuktikan dengan memiliki SK pembagian tugas mengajar dari kepala sekolah 5 (lima) tahun terakhir (mulai tahun 2014 sampai dengan 2018).
  • Berstatus guru PNS, guru Bukan PNS di sekolah negeri, dan guru tetap yayasan (GTY). Guru bukan PNS di sekolah negeri dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Kepala Daerah atau Kepala Dinas Pendidikan 5 (lima) tahun terakhir (mulai tahun 2014 sampai dengan 2018).
  • Berusia setinggi-tingginya 58 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun 2018.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Bebas Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (Napza).
  • Berkelakuan baik.
Sebagai Persiapan Menghadapi Ujian Pretest PPG, alangkah baiknya rekan-rekan semua untuk latihan soal PPG tahun 2018 dulu, agar bisa lebih ada persiapan lagi, sehingga saat mau menghadapi Ujian Kompetensi PPG atau Pretest PPG 2018 sudah siap. Oleh karena itu Admin sudah menyediakan Contoh Soal Pretest PGG Tahun 2018 Dengan Kunci Jawaban dengan Format word dan formad PDF yang dapat rekan-rekan semua unduh secara gratis pada link yang kami sediakan di bawah ini :

Post a Comment for "Inilah Contoh Soal Pretest PPG Tahun 2018 Dengan Kunci Jawaban"