Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Juknis Kepala Sekolah TK Berprestasi 2018

Juknis Kepala Sekolah TK Berprestasi 2018 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Juknis Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Sekolah TK Berprestasi Tahun 2018 yang bentuk buku berformat pdf. Pada Pemilihan Kepala Sekolah TK Berprestasi 2018 rekan-rekan semua pelajari contoh fortofolio, sehinnga pada proses pemilihan KS tk 2018 lebih matang.


Bukan hanya Ada Pemilihan Kepala Sekolah TK Berprestasi 2018 , tapi ada juga pemlihan guru tk berprestasi/ juknis gupres tk. Kepala Taman Kanak Kanak ( TK ) menduduki dua fungsi, yaitu sebagai tenaga kependidikan dan pendidik. Sebagai tenaga kependidikan, Kepala TK adalah pemimpin di sekolah yang mempunyai peran sangat strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan. 


Sebagai pendidik, Kepala TK harus melaksanakan pembelajaran bidang studi tertentu dan memberikan bimbingan. Tugas dan tanggung jawab Kepala TK sangat penting, sehingga hanya Kepala TK yang memiliki kompetensi dan kreativitas tinggi yang dapat mengemban tugas tersebut.


Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tingkat Nasional merupakan salah satu bentuk penghargaan dari Pemerintah bagi Kepala TK yang berhasil meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dan di daerahnya. Melalui penghargaan tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan motivasi dan profesionalisme Kepala TK yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pendidikan Nasional.


Peran Kepala TK Kanak Kanak ( TK ) dalam mengembangkan suasana sekolah yang nyaman dan kondusif melalui pengelolaan manajerial merupakan kebutuhan utama suatu sekolah untuk meraih prestasi dalam rangka menghasilkan sumberdaya manusia unggul dan berdaya saing.
Juknis Kepala Sekolah TK Berprestasi 2018
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 40 Ayat (2 )poin C menyatakan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi dan kedudukan dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya. Mengingat fungsi strategis Kepala TK yang Berprestasi dalam meningkatkan kualitas lembaga yang dipimpinnya, maka sudah sepantasnya kepada Kepala TK yang secara nyata Berprestasi diberikan penghargaan yang layak. 


Rumusan mengenai sistem penghargaan bukan hal yang sederhana, karena akhirnya harus terkait dengan aspirasi dan motivasi yang terbangun di kalangan Kepala TK itu sendiri. Hal ini diharapkan menjadi bagian dari perbaikan mutu manajemen pendidikan Nasional yang berlandaskan pada sikap produktif dan proaktif.


Sistem penghargaan dalam bentuk ”Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tingkat Nasional” dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten / Kota, Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional yang diseleksi secara selektif , transparan, dan terukur diharapkan memberi rasa kebanggaan yang dapat memotivasi para Kepala TK untuk menciptakan suasana sekolah yang sehat. Suasana sekolah yang mampu meningkatkan kreativitas guru di dalam menyampaikan proses pembelajaran serta memotivasi dan mendorong siswa untuk Berprestasi di berbagai bidang, termasuk dalam pengembangan diri.


Tujuan Pemilihan Kepala TK Berprestasi 2018
Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tahun 2018 bertujuan untuk :
  1. memilih Kepala TK Berprestasi pada tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional;
  2. memberikan pengakuan dan penghargaan kepada Kepala TK Berprestasi
  3. memberikan apresiasi kepada Kepala TK Berprestasi sebagai agen perubahan dalam pengembangan dan pengelolaan sekolah yang bermutu.

Pengertian

Kepala Sekolah Berprestasi adalah Kepala TK yang menguasai kompetensi kepala sekolah, memiliki berbagai prestasi dalam kepemimpinan dan tata kelola sekolah, menunjukkan kinerja dalam pelaksanaan pengembangan sekolah, dan peningkatan kualitas sekolah berdasarkan standar Nasional pendidikan.


Jadwal Pelaksanaan Kepala Sekolah TK Berprestasi 2018
  1. Pemilihan Kepala TK Berprestasi tingkat Kabupaten / Kota dilaksanakan pada bulan April s.d. Mei 2018.
  2. Berkas usulan Pemenang I tingkat Kabupaten / Kota diterima oleh Panitia Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tingkat Provinsi paling lambat akhir Mei 2018. Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tingkat Provinsi dilaksanakan pada bulan Mei s.d. akhir Juni 2018.
  3. Berkas usulan Pemenang I Tingkat Provinsi diterima oleh Panitia Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tingkat Nasional paling lambat pada tanggal 10 Juli 2018. Rangkaian Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018 dilaksanakan mulai tanggal 12 s.d. 19 Agustus 2018.

Pembiayaan
  1. Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tingkat Kabuparten/Kota Tahun 2018 bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten / Kota.
  2. Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tingkat Provinsi Tahun 2018 bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi.
  3. Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018 bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada DIPA Dit. Pembinaan GTK PAUD dan Dikmas Tahun Anggaran 2018.
Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tahun 2018 merupakan salah satu program Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini merupakan wujud nyata bahwa Pemerintah memberikan perhatian yang sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas pendidikan Nasional melalui pemberian penghargaan dan apresiasi bagi Kepala TK yang memiliki prestasi tinggi dalam pengembangan sekolah/madrasah yang berdampak terhadap peningkatan kualitas lulusan peserta didik.


Pedoman Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tahun 2018 ini hendak menjadi acuan dalam pelaksanaan pemilihan baik di tingkat Kabupaten / Kota/Provinsi maupun Nasional. Penyempurnaan penyelenggaraan pemilihan Kepala TK Berprestasi perlu dilakukan berdasarkan hasil evaluasi terhadap penyelenggaraan program yang sama tahun sebelumnya, agar kualitas pelaksanaan program Pemilihan Kepala TK Berprestasi tingkat Kabupaten/Kota/Provinsi maupun Nasional mampu menghasilkan kepala TK Berprestasi yang terbaik.


Itulah penjelasan singkat mengenai Juknis Kepala Sekolah TK Berprestasi 2018 yang dapat admin jelaskan, lebih jelasnya lagi rekan-rekan semua bisa download Juknis Kepala Sekolah TK Berprestasi 2018 ( Pedoman Penilaian Pemilihan Kepala Sekolah TK Berprestasi Tahun 2018 )

Post a Comment for "Juknis Kepala Sekolah TK Berprestasi 2018"