Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Pretest PPGJ Guru SD Kelas Tinggi dan Rendah 2018

Soal Pretest PPGJ  Guru SD Kelas Tinggi dan Kelas Rendah 2018 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai contoh soal pretest ppgj Guru sd kelas atas dan bawah tahun 2018. Pada contoh soal pre test PPGJ ini merupakan contoh soal kelas tinggi dan kelas bawah atau rendah.


Soal latihan pre test PPGJ untuk Guru Sekolah Dasar (SD) Kelas tinggi sedikit berbeda dengan kelas rendah.  Perlu di ketahui Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPGJ) untuk sertifikasi guru/ sergur untuk melaksanakan pretes kita sebaiknya menyiapkan atau mempelajari dan mendownload contoh soal pretes ppgj guru sd kelas atas maupun kelas rendah.


Soal pretest PPGJ guru sd kelas tinggi/atas dan kelas bawah/rendah ini admin bagikan merupakan referensi terbaik kami yang admin bagikan.  Semoga dengan contoh soal ppgj 2018 ini bisa membantu reken-rekan yang membutuhkannya.
Soal Pretest PPGJ  Guru SD Kelas Tinggi dan Kelas Rendah 2018
Contoh Soal Pretest PPGJ  Guru SD Kelas Tinggi dan Kelas Rendah 2018
1.Berikut yang bukan termasuk pertimbangan dalam memilih jenis TIK/program komputer yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah ...
a. keselarasan dengan karakteristik materi pembelajaran
b. keterbatasan sarana dan prasarana dalam kelas
c. keselarasan dengan karakteristik sasaran atau siswa
d. ketepatan dengan tujuan pembelajaran

2. Kemampuan komunikasi yang efektif yang sesuai kondisi psikologi peserta didik adalah sebagai
berikut, kecuali ....
a. dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
b. berikan kesan bahwa Anda berada dalam tim yang sama
c. tidak menawarkan hadiah bila mereka berbuat baik atau benar
d. sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan mereka

3. Fasilitas yang dipilih untuk mendapatkan template yang diperlukan ketika bekerja menggunakan
Equation adalah ....
a. Operator
b. Symbols
c. Structures
d. Tools

4. Kegunaan RPP adalah sebagai pedoman bagi guru untuk ....
a. melakukan penilaian hasil belajar siswa
b. memberdayakan sumber belajar
c. melaksanakan pembelajaran di kelas
d. mengelola interaksi pembelajaran

5. Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia, sehingga tujuan
utama para pendidik adalah ....
a. menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain
b. membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik
c. membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
d. membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain

6.Fungsi dari Winamp adalah ...
a. untuk memutar film yang termuat dalam CD
b. untuk mendengarkan musik
c. untuk membuat film
d. untuk mengolah gambar

7. Istilah "perlu bimbingan" pada deskripsi rapor pengetahuan, diberikan apabila siswa ....
a. mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar
b. nilainya rata-rata baik pada semua kompetensi
c. tidak ada yang menonjol pada kompetensi dasar yang diujikan
d. merupakan nilai terendah diantara beberapa nilai ulangan

8. Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru, kecuali ...
a. mengembangkan kesadaran guru tentang perpektif, keyakinan, dan nilainilai yang dapat mendorong siswa belajar lebih baik
b. membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya
c. mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya
d. mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa

9. Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari kegiatan penyusunan butir instrumen hasil
belajar adalah ....
a. menentukan kompetensi atau indikator yang hendak diukur
b. membuat indikator soal
c. mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif
d. diprediksi dapat dikerjakan oleh sebagian besar siswa

10. Untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan, langkah awal yang harus kita lakukan
adalah ...
a. klik tab Format
b. klik ikon Crop
c. klik gambar
d. klik ikon Picture

11. Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara para
siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal hendaknya ....
a. melaksanakan pembelajaran masing-masing individu secara berbeda-beda
b. melaksanakan pengayaan bagi semua siswa, terutama pada siswa yang sudah menguasai bahan pelajaran
c. menggunakan metode, model atau strategi pembelajaran yang bervariasi
d. memberikan tugas yang disesuaikan dengan tuntutan materi ajar


12. Fungsi utama indikator adalah untuk ....
a. menentukan media dan sumber belajar
b. merumuskan bentuk dan jenis penilaian
c. menentukan materi pokok
d. merumuskan tujuan pembelajaran

13. Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ....
a. Anak akan belajar jika diberikan motivasi
b. Anak akan belajar jika dibiasakan
c. Anak akan belajar jika selalu diperintah
d. Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik

14. Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran
harus ....
a. sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
b. sesuai dengan perbedaan individual siswa
c. bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
d. disusun secara logis dan sistematis

15. Kelumpuhan organ bicara dapat menimbulkan kelainan-kelainan bunyi yang yang dihasilkan karena
pada rahang, bibir, dan gigi mengalami masalah, baik dibawa sejak lahir atau kecelakaan. Hal
tersebut dapat memengaruhi kelancaran komunikasi yang disebut faktor .......
a. Intelengensi
b. kepribadian
c. biologis
d. Pengetahuan

16. Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam ....
a. memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
b. melaksanakan proses belajar mengajar
c. melaksanakan supervisi atau pengawasan
d. membimbing anak belajar di rumah

17. Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ...
a. sistematis
b. logis
c. terintegrasi
d. Berkelanjutan

18. Buku paket, video, film, bola dunia, grafik, CD interaktif termasuk jenis sumber belajar ....
a. peralatan (device)
b. pesan (message)
c. lingkungan (setting)
d. bahan (material)

19. Perhatikan KD berikut!
KD 3.4. Menggali informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman Berdasarkan KD tersebut, untuk pemahaman peserta didik rumusan indikator yang tepat adalah....
a. Menyebutkan kondisi alam dalam teks dongeng
b. Siswa dapat menuliskan ciri-ciri kondisi alam dalam teks dongeng
c. Membaca teks dongeng dengan nyaring
d. Siswa menyebutkan ciria-ciri kondisi alam dengan tepat

20. Pak Joko memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Joko kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Joko mengacungkan jempol.
Pujian seperti yang dilakukan Pak Joko kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi...
a. personal
b. satu arah
c. verbal
d. Nonverbal


Itulah penjelasan singkat mengenai Contoh Soal Pretest PPGJ  Guru SD Kelas Tinggi dan Kelas Rendah 2018 yang dapat admin berikan semoga dapat bermanfaat buat rekan-rekan semua amin.

Post a Comment for "Contoh Soal Pretest PPGJ Guru SD Kelas Tinggi dan Rendah 2018"