Download RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Format Word
Download RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Format Word - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan Rpp Matematika Kelas SD K13 revisi 2018/terbaru. Rpp k13 kelas 6 revisi 2018 ini berformat mikrosoft word. Bagi rekan-rekan yang ingin memiliki Rpp matematik revisi 2018 ini silah download pada link yang sudah admin sediakan.
Download rpp k13 kelas 6 revisi 2018 ini admin bagikan secara gratis, rekan-rekan yang membutuhkan tinggal klik link di bawah ya. Rpp kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 terbaru ini merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan RPP matematika SD/MI sekolah dasar yang terintegrasi pada literasi, PKK dll.
Rpp kelas 6 revisi 2018 ini merupakan RPP matematikan yang terilang baru , karena rpp matematika tersebut merupakan RPP matematika revisi tahun 2018.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : ..............................
Kelas
/ Semester : VI (Enam) / 1
Mata
Pelajaran : Matematika
Bab
1 : Operasi Hitung Campuran
Alokasi
Waktu : 8 x 3 Jam (1 Pertemuan
3 JP)
Hari / Tgl
Pelaksanaan: ..................... /
........................
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
PERTEMUAN
1
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung campuran yang
melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai
urutan operasi.
|
3.3.1 Mampu menyebutkan bilangan sesuai nilai tempatnya
|
2
|
4.3Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran
yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam
berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1 Mengurutkan bilangan dengan benar.
|
PERTEMUAN
2
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung campuran yang
melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk
sesuai urutan operasi.
|
3.3.1 Menentukan bentuk operasi hitung campuran
|
2
|
4.3Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran
yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam
berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1 Menyelesaikan soal dengan bentuk operasi hitung campuran
|
PERTEMUAN
3
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung campuran yang
melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk
sesuai urutan operasi.
|
3.3.1 Menentukan bentuk operasi hitung campuran
|
2
|
4.3Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran
yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam
berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1 Menyelesaikan soal dengan bentuk operasi hitung campuran
|
PERTEMUAN
4
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung campuran yang
melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk
sesuai urutan operasi.
|
3.3.1 Menyebutkan bentuk operasi hitung campuran distributif
|
2
|
4.3Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran
yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam
berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1 Menyelesaikan soal dengan benar.
|
PERTEMUAN
5
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung campuran yang
melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk
sesuai urutan operasi.
|
3.3.1
Menentukan bentuk operasi hitung campuran.
|
2
|
4.3Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran
yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam
berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1 Menyelesaikan soal dengan bentuk operasi hitung campuran
|
PERTEMUAN
6
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung campuran yang
melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk
sesuai urutan operasi.
|
3.3.1 Menentukan bentuk operasi hitung campuran.
|
2
|
4.3Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran
yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam
berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1 Menyelesaikan soal dengan bentuk operasi hitung campuran.
|
PERTEMUAN
7
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung campuran yang
melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk
sesuai urutan operasi.
|
3.3.1 Menyebutkan bentuk operasi hitung campuran distributif.
|
2
|
4.3Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran
yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam
berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1 Menyelesaikan soal dengan benar.
|
PERTEMUAN
8
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung campuran yang
melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk
sesuai urutan operasi.
|
3.3.1
Menentukan bentuk operasi hitung campuran
|
2
|
4.3Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran
yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam
berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
|
4.3.1
Mampu menyelesaikan soal dengan
bentuk operasi hitung campuran dengan benar dan menyampaikan strateginya.
4.3.2 Membuat soal cerita dengan menggunakan bentuk operasi hitung
yang tepat.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1.
Setelah membaca data, siswa mampu menyebutkan bilangan sesuai nilai tempatnya dengan benar.
2.
Dengan menggunakan bilangan yang tersedia, siswa mampu mengurutkan bilangan dengan benar.
Pertemuan 2
1.
Setelah membaca soal, siswa mampu menentukan bentuk operasi hitung campuran dengan benar.
2.
Setelah membaca soal, siswa mampu menyelesaikan soal dengan bentuk operasi hitung campuran dengan benar.
Pertemuan 3
1.
Setelah membaca soal cerita, siswa mampu menentukan bentuk operasi hitung campuran dengan benar.
2.
Setelah membaca soal cerita, siswa mampu menyelesaikan soal dengan bentuk operasi hitung campuran dengan benar.
Pertemuan 4
1.
Setelah membaca soal, siswa mampu menyebutkan bentuk operasi hitung campuran distributif dengan benar.
2.
Setelah menentukan bentuk operasi hitung campuran, siswa mampu menyelesaikan soal dengan benar.
Pertemuan 5
1.
Setelah membaca soal, siswa mampu menentukan bentuk operasi hitung campuran dengan benar.
2.
Setelah membaca soal, siswa mampu menyelesaikan soal dengan bentuk operasi hitung campuran dengan benar.
Pertemuan 6
1.
Setelah membaca soal, siswa mampu menentukan bentuk operasi hitung campuran dengan benar.
2.
Setelah membaca soal, siswa mampu menyelesaikan soal dengan bentuk operasi hitung campuran dengan benar.
Pertemuan 7
1.
Setelah membaca soal, siswa mampu menyebutkan bentuk operasi hitung campuran distributif dengan benar.
2.
Setelah menentukan bentuk operasi hitung campuran, siswa mampu menyelesaikan soal dengan benar.
Pertemuan 8
1.
Setelah membaca soal, siswa mampu menentukan bentuk operasi hitung campuran dengan benar.
2.
Setelah membaca soal, siswa mampu menyelesaikan soal dengan bentuk operasi hitung campuran dengan benar dan menyampaikan
strateginya.
3.
Setelah membaca soal, siswa mampu menentukan bentuk operasi hitung campuran dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat soal cerita dengan menggunakan bentuk operasi hitung yang tepat.
v Karakter
siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong
Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡ Menyanyikan lagu “Indonesia Raya”
bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri (Padamu Negeri)”. Nasionalis
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa diajak
membaca teks tentang bawang merah. Guru memberikan waktu 3 menit untuk memahami bacaan. Communication
§ Siswa mengerjakan soal berikut bersama teman. Gotong Royong
Apabila bilangan 160.800.000 ditulis pada tabel nilai
tempat, di manakah angka 1 dan 6 ditempatkan?
§ Guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawabannya di dalam
kelompoknya lalu meminta setiap perwakilan kelompok untuk menyampaikan
hasilnya. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan masukan,
komentar, atau mempertanyakan jawaban teman. Collaboration
§ Guru memberikan jawaban apabila dibutuhkan.
160.800.000 = seratus enam puluh juta delapan ratus ribu
Penggunaan Tanda Pisah Angka
Tanda pisah
angka digunakan untuk bilangan lebih dari 999. Tanda tersebut digunakan untuk
memisahkan setiap tiga digit angka dari sebelah kanan urutan angka. Tanda
pemisah angka memisahkan kelompok angka ribuan, jutaan, dst. Di Indonesia
tanda pemisah angka yang digunakan adalah tanda titik (.).
Angka-angka jika dikelompokkan berdasarkan batas tanda
pemisah maka akan memiliki kelompok-kelompok angka.
·
Kelompok angka
dasar, memiliki tiga angka paling kanan.
·
Kelompok angka
ribuan, memiliki tiga angka di sebelah kiri tanda pemisah ribuan.
·
Kelompok angka
jutaan, memiliki tiga angka di sebelah kiri tanda pemisah jutaan.
PERTEMUAN 2
§ Siswa membaca soal
matematika tentang kentang. Pada kegiatan ini siswa harus menemukan bentuk
operasi hitung campuran terkait urutan operasi hitungnya. Mandiri
§ Soal pertama dikerjakan
secara individu dan siswa membahasnya dengan teman kelompoknya. Guru meminta
seorang siswa untuk menyampaikan hasilnya dan memberi penguatan terkait
proses hitungnya. Siswa kemudian diminta untuk membetulkan jawabannya apabila
perlu. Critical Thinking and Problem
Solving
§ Setiap siswa atau
dikerjakan dalam kelompok, membuat soal cerita yang melibatkan operasi hitung
campuran dan ditukarkan dengan tiga teman atau kelompok. Soal tersebut harus
dijawab. Guru harus mengecek soal siswa dan memberi masukan sebelum dijawab. Collaboration
§ Guru membimbing terkait
bentuk operasi hitung campuran.
§ Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa. Mandiri
§ Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku
Guru.
PERTEMUAN 3
§ Setiap soal dinilai oleh guru.
§ Setelah dinilai, guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawabannya
dengan teman sebelah atau satu kelompok. Guru memberikan penguatan terhadap
konsep operasi hitung campuran yang ada. Collaboration
Guru melakukan penilaian terhadap
satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada
kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi di kesempatan
lain. Rubrik ada di halaman penilaian.
§ Guru melakukan hal yang sama terhadap soal berikutnya.
§ Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat
dalam Buku Siswa. Mandiri
§ Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan
panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.
PERTEMUAN 4
§ Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca soal dalam hati.
Guru memberi waktu dua menit. Mandiri
Udin membantu
Ibu membuka belanjaan.
Di dalam tas
terdapat 2 botol kecil susu masing-masing berharga Rp1.500.00. Kemudian Udin
menemukan 2 kardus kecil telur masingmasing
berharga
Rp10.000,00.
§ Guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawabannya dengan
teman sebelah atau di dalam kelompoknya lalu meminta setiap perwakilan
kelompok untuk menyampaikan hasilnya. Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk memberikan masukan, komentar, atau mempertanyakan jawaban teman. Collaboration
§ Guru memberikan jawaban apabila dibutuhkan.
Jawaban yang benar:
1) 2 ×
Rp1.500,00 + 2 × Rp10.000,00
§ Siswa dan guru mendiskusikan jawaban. Guru menyampaikan
kepada siswa bahwa pengurutan operasi bilangan akan menentukan hasil.
§ Siswa kemudian berlatih soal yang berbeda. Guru memberikan penguatan.
8 + 4 x 6 – 4 =
Dikerjakan
soal perkalian terlebih dahulu.
8 + 24 – 4 = 28
§ Siswa kemudian mengerjakan contoh yang lain. Guru meminta
setiap siswa mengerjakan soal dan dibahas bersama setelahnya. Critical Thinking and Problem Solving
4 + 7 x 3 =
§
Guru kemudian memberikan
penguatan.
§
Siswa mencoba menyelesaikan
soal berikut dan mendiskusikan hasilnya dengan teman. Collaboration
15 – 16 : 2
§ Guru memberikan penguatan.
§ Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengerjakan soal berikut
dan menyampaikan hasilnya di depan kelas. Guru dapat meminta siswa lain untuk
memberikan komentar dan memberikan penguatan. Communication
17 – 9 + 5
§ Selanjutnya siswa berusaha untuk menemukan jawaban soal
berikut. Guru meminta salah satu siswa untuk menyampaikan pendapatnya dan siswa
lain mengomentari. Guru kemudian memberikan penguatan.
8 × ( 2 + 6
)
INGAT!
Langkah operasi hitung adalah
sebagai berikut.
·
selesaikan operasi di dalam
kurung
·
selesaikan perkalian dan
pembagian
·
selesaikan penjumlahan dan
pengurangan
PERTEMUAN 5
§
Siswa membaca soal matematika tentang ikan bandeng asap. Pada kegiatan
ini siswa harus menemukan bentuk operasi hitung terkait urutan operasi
hitungnya. Mandiri
§
Soal pertama dikerjakan secara individu dan siswa menukarkan jawabannya
dengan teman kelompoknya. Siswa kemudian membahasnya dengan teman kelompoknya. Collaboration
§
Guru meminta seorang siswa untuk menyampaikan hasilnya dan memberi
penguatan terkait proses hitungnya. Siswa kemudian diminta untuk membetulkan
jawabannya apabila perlu. Critical Thinking and Problem Solving
§
Siswa kemudian melanjutkan kegiatan menyelesaikan soal.
§
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam
Buku Siswa. Mandiri
PERTEMUAN 6
§
Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca soal cerita. Guru mengingatkan
mereka untuk membacanya dengan saksama dan menjawab soal dengan cermat. Mandiri
§
Guru memeriksa jawaban siswa.
§
Setelah dinilai, guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawabannya dengan
teman sebelah atau satu kelompok. Guru memberikan penguatan terhadap konsep
hitung campuran yang ada. Collaboration
§
Siswa membuat soal dan menukarkannya kepada teman sebelah. Setiap siswa
dapat membuat dua soal dan dijawab temannya.
Jawaban dinilai dengan skor yang ada di halaman penilaian.
§
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam
Buku Siswa.
§
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada
lampiran di Buku Guru.
PERTEMUAN 7
§
Siswa
melanjutkan kegiatan dengan membaca soal dalam hati. Guru memberi waktu dua menit. Mandiri
§
Guru
meminta siswa untuk mendiskusikan jawabannya dengan teman sebelah atau di
dalam kelompoknya lalu meminta setiap perwakilan kelompok untuk menyampaikan
hasilnya. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan masukan,
komentar, atau mempertanyakan jawaban teman. Collaboration
§
Siswa
kemudian mengomunikasikan hasilnya melalui tulisan.
§
Siswa
kemudian berlatih soal yang berbeda dan menyampaikan hasilnya melalui
tulisan. Communication
§
Siswa
memperlihatkan hasilnya kepada teman sebelahnya. Guru memberikan penguatan.
PERTEMUAN 8
§ Siswa membaca soal matematika tentang pengusaha sayur.
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memahaminya. Mandiri
§ Soal dikerjakan secara individu dan siswa menukarkan
jawabannya dengan teman kelompoknya. Siswa kemudian membahasnya dengan teman
kelompoknya. Collaboration
§ Guru meminta seorang siswa untuk menyampaikan hasilnya
dan memberi penguatan terkait proses hitungnya. Siswa kemudian diminta untuk membetulkan
jawabannya apabila perlu. Critical Thinking and Problem Solving
Jawaban
siswa dinilai dengan menggunakan skor.
§ Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan
yang terdapat dalam Buku Siswa. Mandiri
§
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada
lampiran di Buku Guru.
§
Siswa
melanjutkan kegiatan dengan membuat soal cerita. Guru mengingatkan mereka
untuk membaca instruksi dengan saksama dan membuat soal. Mandiri
§
Guru
memeriksa soal siswa kemudian mengembalikannya kepada siswa.
§
Siswa
menukarkan soalnya kepada tiga orang temannya dan menjawab soal yang ada. Collaboration
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡ Melakukan penilaian hasil belajar
¡ Menyanyikan
lagu daerah “Anak
Kambing Saya”
¡ Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
(untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡
Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
Mengetahui
Kepala Sekolah
..............................
NIP. ..............................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas VI
..............................
NIP. ..............................
|
Download RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Format Word di bawah ini
RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Post a Comment for "Download RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Format Word"