Download Soal UTN Sertifikasi Guru Kelas dan Kunci Jawaban Doc
Download Soal UTN Sertifikasi Guru Kelas dan Kunci Jawaban Doc - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Soal UTN Sertifikasi Guru Kelas dan Kunci Jawaban Format Doc/word. Untuk memilikinya silahkan download saja pada link yang sudah admin sediakan secara gratis.
Soal Ujian Tulis Ulang (UTN) sertifikasi Guru Kelas yang admin berikan merupakan contoh yang dapat digunakan sebagai acuan atau pedoman untuk di pelajarai oleh anda semua. Oleh sebab itu Contoh Soal UTN Sertifikasi guru kelas ini admin bagikan.
Soal UTN Sertifikasi Guru Kelas yang admin berikan terdapat dengan Kunci Jawaban. Pada Soal Ujian Tulis Nasional PPG maupun PPGJ ini untuk guru Jenjang SD/MI. Jadi Contoh soal ini sangat berguna bagi guru yang ingin mengikuti UTN maupun UTN Ulang.
Berikut adalah Contoh Soal UTN Sertifikasi Guru Kelas dan Kunci Jawaban dan Pembahasannya :
1. Faktor abiotik yang mempengaruhi faktor biotik adalah ...........
a. Daerah yang banyak pohon memiliki simpanan air
b. Udara bersih disebabkan masih banyak tumbuhan
c. Longsor dan erosi disebabkan oleh penebangan pohon
d. Benih cepat tumbuh pada kondisi gelap
2. Peristiwa kejahatan yang terjadi di masyarakat mengenai keterlibatan siswa usia sekolah dasar baik sebagai pelaku. Hal itu menjadi suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus bagi masyarakat pendidikan. Sebagai guru maka dalam menyikapi hal tersebut harus memiliki prinsip kebenaran yang …
a. Kewajiban guru sebatas dalam pemberian pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik
b. Pendidikan yang cukup diberikan untuk mencerdaskan peserta didik
c. Pendidikan moral sebaiknya diberikan di keluarga masing-masing
d. Pentingnya pendidikan karakter ditanamkan dalam diri peserta didik sedini mungkin
3. Sebagai keterampilan dasar IPS yang dapat ditetapkan dalam rangka membantu mengatasi permasalahan masyarakat adalah …
a. Memberikan ceramah-ceramah yang berhubungan dengan penanaman nilai-nilai yang terkandungdalam pancasila untuk manangkal unsure-unsur kebudayaan asing
b. Memberi pengarahan kepada masyarakat akan pentingnya memiliki pengetahuan social
c. Menanamkan kesadaran kepada anggota masyarakat akan pentingnya hidup bersama
d. Membantu mengatasi factor penyebab dari sudut pandang disiplin ilmu-ilmu social secara terintegrasi interdisiplin.
4. Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar IPA yang sering dialami peserta didik usia sekolah dasar …
a. Rendahnya IQ peserta didik
b. Kesulitan belajar IPA karena banyak istilah latinnya
c. Pelajaran IPA ditakuti
d. Tidak berminat belajar IPA
5. Salah satu kegunaan mempelajari sejarah Indonesia adalah memahami aturan hukum mengenai ekonomi kerakyatan. Berkaitan antara konstitusi pasal 33 UUD 1945 dengan ekonomi kerakyatan terletak pada..
a. Adanya orientasi kerakyatan yang sangat kuat diantara keduanya
b. Adanya penguasaan Negara terhadap sector usaha setrategis
c. Kemandirian masyarakat dalam mencapai kesejahteraan
d. Kesamaan visi dan misi dalam menghadapi globalisasi
6. Keterkaitan aspek keterampilan dengan seluruh program pengajaran IPS tampak dalam aktifitas pembelajaran, sebab …
a. Menampilkan aspek ketrampilan secara nyata
b. Memberikan beberapa keterkaitan fakta
c. Mempunyai daya inovasi yang tinggi
d. Memiliki kekuatan sebagai program pembelajaran di SD
7. Dalam sejarah kehidupan manusia terdapat hubungan antara manusia dengan lingkungan alam disekitarnya yang lebih bersifat fungsional. Hal itu berarti manusia memelihara dan memanfaatkan kekayaan alam dengan baik, dan yang akan terjadi adalah
a. Kesehatan , kesejahtaraan, dan kenyamanan hidup
b. Kemunduran, kesengsaraan dan kemiskinan
c. Polusi tanah, udara, dan lingkungan kumuh
d. Kerusakan lingkungan dan bencana alam
8. Dalam kehidupan global sebagai warga Negara Indonesia yang demokratis dalam konteks nasional dan internasional maka perlu dikembangkan sikap-sikap positif bagi siswa dengan uraian sebagai berikut.....
a. Membuat keputusan dengan mementingkan kepentingan kelompok.
b. Mengekspresikan diri secara bebas nilai.
c. Membatasi diri dengan perbedaan yang dimiliki.
d. Menghargai berbagai perbedaan yang dimiliki.
9. Tujuan pendidikan IPS ditinjau dari sistem pendidikan dasar secara menyeluruh dapat dirumuskan antara lain …
a. Membekali peserta didik dengan kesadaran, pengetahuan, dan kemampuan perkembangan sesuai kehidupan
b. Mengembangkan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan menyusun alternative pemecahan masalah
c. Membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi secara santun
d. Membekali peserta didik dengan sikap pengetahuan dan keterampilan dasar agar dapat mengembangkan dirinya.
10. Penerapan nilai demokrasi berlandaskan pada proses penanaman nilai-nilai luhur bangsa sehingga terbentuknya kepribadian yang positif pada diri warga Negara. Adapun nilai itu sendiri mempunyai pengertian adalah ..
a. Prinsip-prinsip benar dan salah mengenai tingkah laku
b. Tatanan aturan hokum yang menjadi sesuatu dan sudah memiliki kekuatan normative atau kekuatan lain dianut dan diterima serta dilaksanakan masyarakat
c. Sesuatu yang berharga, yang dianggap bernilai, adil, baik, benar, dan indah serta menjadi pedoman atau pegangan diri
d. Integritas pribadi manusia yakni harkat, dan martabat seseorang pribadi.
Itulah contoh singkat mengenai Soal UTN Sertifikasi Guru Kelas dan Kunci Jawaban yang dapat admin jelaskan. untuk lebih silahkan download pada link di bawah ini :
Download Soal UTN Sertifikasi Guru Kelas dan Kunci Jawaban Doc
Post a Comment for "Download Soal UTN Sertifikasi Guru Kelas dan Kunci Jawaban Doc"