Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Juknis Pelaksanaan Penerimaan Perserta Didik Baru (PPDB) 2019/2020 Pdf

Download Juknis Pelaksanaan Penerimaan Perserta Didik Baru (PPDB) 2019/2020 Pdf - Rekan-rekan semua admin akan membahas mengenai Juknis Penerimaan Siswa Baru Tahun 2019, rekan-rekan semua bisa download pada link dibawah secara gratis ya.
Download Juknis Pelaksanaan Penerimaan Perserta Didik Baru (PPDB) 2019/2020 Pdf
Download Juknis Pelaksanaan Penerimaan Perserta Didik Baru (PPDB) 2019/2020 Pdf
Dalam rangka untuk memberikan pedoman dan acuan pada pelaksanaan penerimaan peserta didik baru Tahun Ajaran 2019/2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dan Menteri Dalam Negeri telah mengeluarkan Surat Edaran Bersama Nomor 1 Tahun 2019 dan Nomor 420/2973/SJ Tentang Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru. Surat Edaran ditujukan kepada Gubernur dan Bupati/Walikota di seluruh Indonesia dengan isi surat berupa himbauan untuk membuat kebijakan dengan poin-poin sebagai berikut:

  • Menyusun petunjuk teknis PPDB yang ditetapkan dalam Peraturan Kepala Daerah dengan berpedoman pada Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 Tentang PPDB pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan.
  • Menetapkan zonasi dalam pelaksanaan PPDB.
  • Memerintahkan dinas pendidikan berkoordinasi dengan dinas kependudukan dan catatan sipil dalam menetapkan zonasi.
  • Memastikan tidak adanya tindakan jual beli kursi/titipan peserta didik/pungutan liar.
  • Pelaksanaan PPDB di sekolah agar sesuai Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 Tentang PPDB pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan dan Petnjuk Teknis PPDB yang ditetapkan dalam Peraturan Kepala Daerah.
  • Memastikan sekolah tidak melakukan tes membaca, menulis, dan berhitung dalam seleksi calon peserta didik baru kelas 1 (satu) Sekolah Dasar.
  • Memastikan sekolah tidak menjadikan nilai Ujian Nasional (UN) menjadi syarat seleksi untuk jalur zonasi dan perpindahan tugas orang tua/wali dan hasil UN hanya menjadi syarat administrasi dalam PPDB sesuai dengan Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 Tentang PPDB pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan.


Itulah Penjelasan singkat mengenai uknis Pelaksanaan Penerimaan Perserta Didik Baru Nomor 420/2973/SJ Nomor 1 Tahun 2019

Post a Comment for "Download Juknis Pelaksanaan Penerimaan Perserta Didik Baru (PPDB) 2019/2020 Pdf"